بسم الله
الرحمن الرحيم
Berapa hadits dan
atsar tentang do’a makan:
(1)
Riwayat
dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Diriwayatkan dari jalur Yazid bin Nu’amah al-Dhabbi, dari ayahnya yang
berkata: “Apabila makanan didekatkan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam, maka baginda akan berkata:
«سُبْحَانَكَ
مَا أَحْسَنَ مَا ابْتَلَيْتَنَا، سُبْحَانَكَ مَا أَكْثَرَ مَا أَعْطَيْتَنَا،
سُبْحَانَكَ مَا أَكْثَرَ مَا عَافَيْتَنَا، اَللّهُمَّ أَوْسِعْ عَلَيْنَا
وَعَلَى فُقَرَاءِ الْمُسْلِمِيْنَ»
“Maha suci Engkau (ya Allah) sungguh baik apa yang Engkau
timpakan kepada kami, Maha suci Engkau (ya Allah) sungguh banyak apa yang
Engkau berikan kepada kami, Maha suci Engkau (ya Allah) sungguh banyak apa yang
Engkau selamatkan pada kami, Ya Allah lapangkanlah rezki pada kami, dan kepada
orang-orang miskin dari umat Islam”.
Hadits tersebut disebutkan oleh al-Hafizh Ibnu Katsir dalam “Jami’
al-Masanid wa al-Sunan” juz 8 halaman 273-274, dan al-Hafizh Ibnu Hajar
dalam “al-Ishabah fi Tamyiz al-Shahabah” juz 6 halaman 345.
Ibnu Katsir rahimahullah berkata:
قال الدارقطنى: ذكره
أبو محمد بن أحمد بن محمد بن عمرو بن مصعب المروزى، حدثنا عبد الله بن حيوة الصفار، حدثنا نضر بن حاجب،
حدثنا حاجب، حدثنا الحسن بن
رشيد، عن حسان العبدرى، عن يزيد بن نعامة الضبى،
عن أبيه. قال: كان رسول الله - صلى الله عليه وسلم - إذا قرب إليه الطعام قال: «سبحانك
ما أحسن ما ابتليتنا، سبحانك ما أكثر ما أعطيتنا، سبحانك ما أكثر ما عافيتنا، اللهم
أوسع علينا وعلى فقراء المسلمين»
Sanad ini sangat lemah karena beberapa
rawiy dalam sanadnya tidak saya temukan biografinya. wallahu a'lam!
(2)
Sahabat
Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu.
Ibnu Ma’bad berkata, Ali berkata: “Tahukah engkau, apakah hak makanan?”
Ia menjawab: “Apa haknya?” Ali berkata: “Kamu berkata (sebelum makan):
«بِسْمِ
اللَّهِ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا»
“Dengan nama Allah, ya Allah berkahilah untuk kami pada apa yang
Engkau anugrahkan kepada kami”
Ali berkata: “Tahukah engkat, bagaimana mensyukurinya?” Aku berkata:
“Bagaimana mensyukurinya?” Ali berkata: “Kamu berkata (setelah makan):
«الْحَمْدُ
لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا»
“Segala puni bagi Allah yang memberi kami makan dan minum”
Hadits riwayat Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushannaf juz 5 halaman
139 no.24509, dan Abdullah bin Ahmad dalam Musnad Ahmad juz 2 halaman
435 no.1313.
Ibnu Abi Syaibah rahimahullah berkata:
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ،
عَنْ سُفْيَانَ، عَنِ الْجُرَيْرِيِّ، عَنْ أَبِي الْوَرْدِ،
عَنِ ابْنِ أَعْبَدَ، أَوِ ابْنِ مَعْبَدٍ قَالَ: قَالَ عَلِيٌّ: «تَدْرِي مَا حَقُّ
الطَّعَامِ؟» قُلْتُ: وَمَا حَقُّهُ؟ قَالَ: «تَقُولُ بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ بَارِكْ
لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا»، ثُمَّ قَالَ: «تَدْرِي مَا شُكْرُهُ؟» قُلْتُ: وَمَا شُكْرُهُ؟
قَالَ: تَقُولُ: «الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا»
Syekh Syu'aib Al-Arnauth mengatakan sanadnya
lemah karena Ibnu A'bad[1] (namanya
Ali) atau Ibnu Ma'bad tidak diketahui (majhuul),
begitu pula dengan Abu Al-Ward bin Tsumamah bin Hazan
Al-Qusyairiy[2].
(3)
Sahabat
Abdullah bin Mas’ud radhiyallaahu ‘anhu.
Dari Urqub bin ‘Itris berkata, Abdullah berkata: “Barangsiapa yang
berkata ketika makanan dihidangkan:
«بِسْمِ
اللهِ خَيْرُ الأَسْمَاءِ للهِ فِي اْلأَرْضِ وَفِي السَّمَاءِ لاَ يَضُرُّ مَعَ
اسْمِهِ دَاءٌ، اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِيهِ بَرَكَةً وَشِفَاءً»
“Dengan nama Allah, sebaik-baik nama bagi Allah di bumi dan di langit, tidak
membahayakan bersama nama-Nya penyakit apa pun, ya Allah jadikanlah padanya
berkah dan kesembuhan”
Maka makanan tersebut tidak akan membahayakannya.”
Hadits riwayat dari Ibnu Abi Syaibah dalam “al-Mushannaf” juz 5
halaman 138 no.24500.
Ibnu Abi Syaibah rahimahullah berkata:
حَدَّثَنَا أَبُو
أُسَامَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ يَزِيدَ بنْ جَابِرٍ، قَالَ:
حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ زِيَادٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ عِتْرِيسِ بْنِ عُرْقُوبٍ،
قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللَّهِ: مَنْ قَالَ حِينَ يُوضَعُ طَعَامُهُ: «بِسْمِ اللَّهِ
خَيْرُ الْأَسْمَاءِ لِلَّهِ فِي الْأَرْضِ وَفِي السَّمَاءِ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ
دَاءٌ، اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِيهِ بَرَكَةً وَشِفَاءً» فَلَا يَضُرُّهُ ذَلِكَ الطَّعَامُ
مَا كَانَ
Sanad ini lemah, karena ada beberapa rawi
yang tidak diketahui derajat periwayatan haditsnya:
a) Biografi Bisyr bin Ziyad, disebutkan oleh Imam Bukhari dalam
kitab “At-Tarikh Al-Kabiir” 2/75, dan Ibnu Hibban dalam kitab “Ats-Tsiqaat”
6/94, tanpa menyebutkan pujian ataupun celaan padanya.
b) Biografi Sulaiman bin Abdillah, disebutkan oleh Imam Bukhari
dalam kitab “At-Tarikh Al-Kabiir” 4/21, dan Ibnu Abi Hatim dalam kitab “Al-Jarh
wa At-Ta’diil” 4/126, tanpa menyebutkan pujian ataupun celaan padanya.
(4)
Sahabat
Abu Sa’id al-Khudri radhiyallaahu ‘anhu.
Ismail bin Abi Sa’id berkata: “Apabila makanan telah diletakkan, maka
Abu Sa’id berkata:
«الْحَمْدُ
لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِينَ»
“Segala puji bagi Allah, Yang telah memberi kami makan dan minum, dan
menjadikan kami orang Islam”
عَنْ حُصَيْنٍ، عَنْ
إِسْمَاعِيلَ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ، قَالَ: كَانَ أَبُو
سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ إِذَا وُضِعَ لَهُ الطَّعَامُ قَالَ: «الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي
أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِينَ»
Sanad ini sangat lemah karena Isma’id bin Abi Sa’id[3] dalam
riwayat lain Isma’id bin Abi Idris, Ibnu Abi
Hatim bertanya kepada bapaknya (Abu Hatim): Siapa Isma’il ini? Abu Hatim
menjwab: Aku tidak tahu siapa dia. Adz-Dzahabiy mengatakan: Ia tidak diketahui
(laa yu’raf). Dan Ibnu Hajar berkata: Ia majhuul (tidak diketahui).
(5)
Urwah
bin al-Zubair, seorang ulama tabi’in, rahimahullah.
Diriwayatkan dari Hilal, bahwa sesungguhnya Urwah apabila makanan telah
diletakkan, maka ia berkata:
سُبْحَانَكَ مَا
أَحْسَنَ مَا تُبْلِينَا، سُبْحَانَكَ مَا أَحْسَنَ مَا تُعْطِينَا، رَبَّنَا
وَرَبَّ أَبْنَائِنَا وَرَبَّ آبَائِنَا اْلأَوَّلِينَ
“Maha suci Engkau (Ya Allah) sungguh baik apa yang Engkau timpakan
kepada kami, Maha suci Engkau (Ya Allah) sungguh baik apa yang engkau berikan
kepada kami, Rabb kami, Rabb anak cucu kami, dan Rabb anak cucu orang-orang
terdahulu”.
Kemudian ia membaca basmalah dan meletakkan tangannya pada
makanan itu.
Hadits tersebut diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam
al-Mushannaf juz 5 halaman 138 no.24505.
Ibnu Abi Syaibah rahimahullah berkata:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ
بْنُ بِشْرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا مِسْعَرٍ (وهو ابن كدام)، عَنْ هِلَالٍ (وهو الوزان)،
عَنْ عُرْوَةَ، أَنَّهُ كَانَ إِذَا وُضِعَ الطَّعَامُ قَالَ: " سُبْحَانَكَ مَا
أَحْسَنَ مَا تُبْلِينَا، سُبْحَانَكَ مَا أَحْسَنَ مَا تُعْطِينَا، رَبَّنَا وَرَبَّ
أَبْنَائِنَا وَرَبَّ آبَائِنَا الْأَوَّلِينَ "، قَالَ: ثُمَّ يُسَمِّي
اللَّهَ جَلَّ ثَنَاؤُهُ وَيَضَعُ يَدَهُ
Sanad atsar ini shahih, semua
perawinya tsiqah (diterima periwayatannya). Wallahu a'lam!
Dalam riwayat lain
dari Hisyam bin Urwah, berkata: “Ayahku (Urwah) apabila makanan atau minuman
diberikan kepadanya, bahkan minuman obat sekalipun, ia tidak memakan dan
meminumnya sehingga berkata:
الْحَمْدُ للهِ
الَّذِي هَدَانَا وَأَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَنَعَّمَنَا، وَاللهُ أَكْبَرُ،
اللَّهُمَّ أَلْفَتْنَا نِعْمَتُكَ بِكُلِّ شَرٍّ، وَأَصْبَحْنَا وَأَمْسَيْنَا
مِنْهَا بِكُلِّ خَيْرٍ، نَسْأَلُكَ تَمَامَهَا وَشُكْرَهَا، لاَ خَيْرَ إِلاّ
خَيْرُكَ، وَلا إِلَهَ غَيْرُكَ، إِلَهَ الصَّالِحِينَ وَرَبَّ الْعَالَمِينَ،
الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، لاَ إِلَهَ إِلاّ اللهُ، مَا شَاءَ اللهُ،
لاَ قُوَّةَ إِلاّ بِاللهِ، اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا
عَذَابَ النَّارِ
“Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami hidayah, memberi
kami makan dan minum, dan segala kenikmatan, Allah Maha Besar, Ya Allah
palingkanlah nikmat-Mu kepada kami dari segala keburukan, sehingga kami
merasakannya di pagi hari dan sore dengan segala kebaikan, kami meminta-Mu
kesempurnaan nikmat dan selalu mensyukurinya,
tidak ada kebaikan kecuali dari-Mu, dan tidak ada Tuhan yang berhak
disembah selain Engkau, Tuhan (yang disembah) orang-orang yang saleh dan Tuhan
(yang menciptakan) alam semesta. Segala puji bagi Allah, dan tiada Tuhan yang
berhak disembah selain Allah, semua yang terjadi adalah kehendak Allah, dan
tidak ada kekuatan kecuali dari Allah. Ya Allah .. berilah berkah untuk kami
atas apa yang Engkau anugrahkan kepada kami dan lindungilah kami dari siksa api
neraka”.
Hadits tersebut diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam
al-Mushannaf juz 5 halaman 139 no.24512.
Ibnu Abi Syaibah rahimahullah berkata:
حَدَّثَنَا أَبُو
أُسَامَةَ، عَنْ هِشَامٍ قَالَ: كَانَ أَبِي لَا يُؤْتَى بِطَعَامٍ وَلَا شَرَابٍ حَتَّى
الشَّرْبَةَ مِنَ الدَّوَاءِ فَيَطْعَمُهُ أَوْ يَشْرَبُهُ حَتَّى يَقُولَ: «الْحَمْدُ
لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا وَأَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَنَعَّمَنَا، وَاللَّهُ أَكْبَرُ،
اللَّهُمَّ أَلْفَتْنَا نِعْمَتُكَ بِكُلِّ شَرٍّ، وَأَصْبَحْنَا وَأَمْسَيْنَا مِنْهَا
بِكُلِّ خَيْرٍ، نَسْأَلُكَ تَمَامَهَا وَشُكْرَهَا، لَا خَيْرَ إِلَّا خَيْرُكَ، وَلَا
إِلَهَ غَيْرُكَ، إِلَهَ الصَّالِحِينَ وَرَبَّ الْعَالَمِينَ، الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ
الْعَالَمِينَ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، مَا شَاءَ اللَّهُ، لَا قُوَّةَ إِلَّا
بِاللَّهِ، اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ»
Diriwayatkan juga oleh Imam Malik dalam Al-Muwatha’ juz 2 halaman
934 no.34:
عَنْ هِشَامِ بْنِ
عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّهُ كَانَ لَا يُؤْتَى أَبَدًا بِطَعَامٍ، وَلَا شَرَابٍ
حَتَّى الدَّوَاءُ فَيَطْعَمَهُ أَوْ يَشْرَبَهُ، إِلَّا قَالَ: «الْحَمْدُ لِلَّهِ
الَّذِي هَدَانَا، وَأَطْعَمَنَا وَسَقَانَا، وَنَعَّمَنَا، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ
أَلْفَتْنَا نِعْمَتُكَ بِكُلِّ شَرٍّ، فَأَصْبَحْنَا مِنْهَا وَأَمْسَيْنَا بِكُلِّ
خَيْرٍ، نَسْأَلُكَ تَمَامَهَا، وَشُكْرَهَا لَا خَيْرَ إِلَّا خَيْرُكَ، وَلَا إِلَهَ
غَيْرُكَ، إِلَهَ الصَّالِحِينَ، وَرَبَّ الْعَالَمِينَ، الْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ
إِلَّا اللَّهُ، مَا شَاءَ اللَّهُ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، اللَّهُمَّ بَارِكْ
لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ»
Sanad atsar ini shahih, semua
perawinya tsiqah (diterima periwayatannya). Wallahu a'lam!
(6)
Abu
Muslim al-Khaulani, ulama tabi’in, rahimahullah.
Abu Muslim memiliki seorang budak perempuan. Suatu ketika, ia berkata
kepada Abu Muslim: “Aku selalu memberikan racun dalam makanan yang aku buatkan
untukmu, tapi mengapa kamu tidak pernah keracunan?” Abu Muslim bertanya:
“Mengapa kamu melakukan itu?” Ia menjawab: “Karena aku seorang wanita yang
masih muda di sampingmu. Kamu tidak mau menyentuhku dan tidak pula menjualku.”
Abu Muslim berkata: “Setiap aku hendak makan, aku selalu berdoa:
بِسْمِ اللهِ
خَيْرِ اْلأَسْمَاءِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ دَاءٌ رَبِّ اْلأَرْضِ
وَرَبِّ السَّمَاءِ
“Dengan nama Allah, sebaik-baik nama, yang tidak membahayakan bersama
nama-Nya penyakit apa pun, Rabb bumi dan Rabb langit”
Hadits tersebut diriwayatkan oleh al-Lalaka’i dalam “Karamat
al-Auliya’” no.140.
Al-Lalaka’iy rahimahullah berkata:
أخبرنا أَحْمَدُ،
قَالَ: ثنا مُحَمَّدٌ، قَالَ: ثنا أَحْمَدُ، قَالَ: ثنا الْحَوْطِيُّ (وهو عبد الوهاب
بن نجدة)، قَالَ: ثنا أَشْعَثُ بْنُ شُعْبَةَ، عَنِ
السَّرِيِّ بْنِ يَحْيَى، عَنْ سُلَيْمَانَ (وهو ابن طرخان التيمي)، أَنَّ جَارِيَةً
كَانَتْ لِأَبِي مُسْلِمٍ قَالَتْ لَهُ يَا أَبَا مُسْلِمٍ، مَا زِلْتُ أَجْعَلُ السُّمَّ
فِي طَعَامِكَ مُنْذُ كَذَا، وَكَذَا فَمَا أُرَاهُ ضَرَّكَ، قَالَ: وَلِمَ جَعَلْتِ
ذَلِكَ؟ قَالَتْ: لِأَنِّي جَارِيَةٌ شَابَّةٌ إِلَى جَانِبِكَ فَلَا أَنْتُ تُدْنِينِي
مِنْ فِرَاشِكَ، وَلَا أَنْتُ تَبِيعُنِي قَالَ: إِنِّي كُنْتُ أَقُولُ إِذَا أَرَدْتُ
أَنْ آكُلَ: "بِسْمِ اللَّهِ خَيْرِ الْأَسْمَاءِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ
دَاءٌ رَبِّ الْأَرْضِ وَرَبِّ السَّمَاءِ"
Sanad atsar ini hasan
ligairih, karena Asy’ats bin Syu’bah
Al-Mashishiy[4] dihukumi tsiqah
oleh Abu Daud dan Ibnu Hibban, dan dihukumi lemah oleh Abu Zur’ah, Al-Azdiy, dan
Adz-Dzahabiy. Ibnu Hajar mengatakan: Ia maqbuul (periayatannya diterima
kalau ada penguat, jika tidak ada maka ditolak).
Sanad ini punya penguat, diriwayatkan oleh Ibnu
‘Asakir dalam “Taarikh Dimasyq” juz 27 halaman 217:
أنبأنا أبو القاسم علي بن إبراهيم، نا عبد العزيز بن أحمد التميمي، نا تمام
بن محمد البجلي، أنا علي بن أبي طالب، وهارون بن محمد بن هارون قالا: نا إبراهيم بن
دحيم، نا أبو موسى عيسى بن يونس، نا أيوب بن سويد،
عن السري هو ابن يحيى، عن سليمان التميمي، عن أبي مسلم الخولاني قال: قالت جاريته:
يا أبا مسلم، لقد جعلت لك السم في طعامك منذ كذا وكذا، فما أراه يضرك، فقال: ولم فعلت
ذاك؟ قالت: أنا جارية شابة، ولا أنت تدنيني من فراشك، فقال: إني كنت أقول إذا قرب إلي
طعامي "بسم الله خير الأسماء الذي لا يضر مع اسمه داء رب الأرض ورب السماء"،
وأعتقها.
Sanad ini juga lemah,
karena Ayyub bin Suwaid Ar-Ramliy[5]
(w.193H atau 202H); Ia dihukumi lemah oleh Imam Ahmad, Ibnu Ma’in, dan An-Nasa’iy.
Ibnu Hajar berkata: Ia shaduuq (haditsnya hasan) dan terkadang melakukan
kesalahan.
Riwayat ini bisa menguatkan riwayat sebelumnya, wallahu
a’lam!
Lihat juga: Do'a makan (1) - Do'a makan (2) - Hadits Utsman bin Hunaif; Tawassul dengan Nabi Muhammad setelah wafatnya
[1]
Lihat biografi " Ibnu
A'bad " dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 3/245,
Tahdziib Al-Kamaal karya Al-Mizziy 20/321, Miizaan Al-I'tidaal karya
Adz-Dzahabiy 4/590, Taqriib At-Tahdziib karya Ibnu Hajar hal.398.
[2]
Lihat biografi " Abu
Al-Ward " dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal 34/389, Al-Kasyif
karya Adz-Dzahabiy 2/470, Taqriib At-Tahdziib hal.682.
[3]
Lihat biografi " Isma’id
bin Abi Sa’id " dalam kitab: Al-Jarh wa At-Ta'diil karya Ibnu Abi
Hatim 2/205, Tahdziib Al-Kamaal 3/41, Miizaan Al-I'tidaal 1/221, Dzail Miizaan Al-I’tidaal karya Al-‘Iraqiy hal.58, Taqriib
At-Tahdziib hal.106.
[4]
Lihat biografi " Asy’ats bin Syu’bah " dalam kitab: Adh-Dhu'afaa'
karya Ibnu Al-Jauziy 1/25, Tahdziib Al-Kamaal 3/270, Diiwaan
Adh-Dhu’afaa’ karya Adz-Dzahabiy hal.39, Taqriib At-Tahdziib hal.113.
[5]
Lihat biografi " Ayyub bin Suwaid " dalam kitab: Adh-Dhu'afaa'
karya An-Nasa'iy hal.150 , Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir karya Al-'Uqaily 1/113, Al-Kaamil
karya Ibnu 'Adiy 2/23, Tarikh Adh-Dhu'afaa karya Ibnu Syahin hal.51 , ,
Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 1/130, Tahdziib Al-Kamaal 3/474,
Miizaan Al-I'tidaal 1/287, Taqriib At-Tahdziib hal.118.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...