Selasa, 03 Juni 2014

Takhriij hadits Ummi Salamah; Do’a setelah shalat subuh

بسم الله الرحمن الرحيم


Hadits Ummi Salamah radhiyallahu ‘anha yang menyebutkan do’a yang dibaca oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah salam dari shalat subuh, diriwayatkan melalui beberapa jalur:

1)    Jalur Syu’bah bin Al-Hajjaaj (w.160H):

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam kitabnya “Al-Mushannaf” 6/33 no.29265, Abu Daud Ath-Thayalisiy dalam musnad-nya 3/179 no.1710, Ishaq bin Rahawaiy dalam musnad-nya 4/137 no.1909, Imam Ahmad dalam musnad-nya 44/221 no.26602, 44/297 no.26701, 44/318 no.26731, dan Ibnu Majah dalam sunan-nya 1/298 no.925:

عن شُعْبَة، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ مَوْلًى لِأُمِّ سَلَمَةَ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ: إِذَا صَلَّى الصُّبْحَ حِينَ يُسَلِّمُ «اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا»

Dari Syu’bah, dari Musa bin Abi ‘Aisyah, dari maula Ummi Salamah, dari Ummi Salamah; Bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca ketika shalat subuh setelah salam: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezki yang baik, dan amal yang diterima”.

Diriwayatkan juga oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya “Ad-Du’aa’” no.671, dengan lafadz:

«اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَعَمَلًا صَالِحًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا»

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, amal yang saleh, dan rezki yang baik”

Al-Bushiriy rahimahullah berkata:
هَذَا إِسْنَاد رِجَاله ثِقَات خلا مولى أم سَلمَة فَإِنَّهُ لم يسم وَلم أر أحدا مِمَّن صنف فِي المبهمات ذكره وَلَا أَدْرِي مَا حَاله
“Sanad ini, semua perawinya tsiqah, kecuali maula Ummi Salamah[1]; Ia tidak disebutkan namanya, dan aku tidak mendapatkan seorangpun yang menyusun buku biografi perawi yang mubham (tidak disebutkan namanya) yang telah menyebutnya. Dan aku tidak mengetahui bagaimana kedudukan periwayatannya”. [Mishbaah Az-Zujajah 1/114]

Ibnu Maakuula rahimahullah dalam kitabnya “Al-Ikmaal” menyebutkan nama: Sunainah (سُنَيْنَة) maula Ummi Salamah, meriwayatkan dari Ummi Salamah, dan meriwayatkan darinya Musa bin Abi ‘Aisyah. [4/265]

Syekh Syu’aib Al-Arnauth melemahkan hadits ini dalam tahkik musnad Ahmad. Sedangkan syekh Albaniy men-shahih-kannya dalam “Shahih Sunan Ibnu Majah”.

2)    Jalur Umar bin Sa’id bin Masruuq Ats-Tsauriy:

Diriwayatkan oleh Al-Humaidiy dalam musnad-nya 1/309 no.301, dan Ibnu Abdil Barr dalam kitabnya “Jami’ Bayaan Al-‘Ilmi” 1/626 no.1077:

عن سُفْيَان قَالَ: ثنا عَمْرُو بْنُ سَعِيدٍ الثَّوْرِيُّ، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ مَوْلَى لِأُمِّ سَلَمَةَ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ بَعْدَ الصُّبْحِ «اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مَقْبُوَلًا»

3)    Jalur Abi ‘Awanah (w.175H):

Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya “Ad-Du’aa’” no.672:

قال: حَدَّثَنَا أَبُو مُسْلِمٍ الْكَشِّيُّ، ثنا أَبُو عُمَرَ الضَّرِيرُ، ح وَحَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ الْمُثَنَّى، ثنا مُسَدَّدٌ، ح وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيٍّ الصَّائِغُ، وَبَكْرُ بْنُ سَهْلٍ، قَالَا: ثنا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ، قَالُوا: ثنا أَبُو عَوَانَةَ، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ مَوْلًى لِأُمِّ سَلَمَةَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ فِي دُبُرِ صَلَاةِ الْغَدَاةِ: «اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا»

4)    Jalur Mis’ar bin Kidaam (w.153H):

Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya “Al-Mu’jam Al-Kabiir” 23/305 no.688:

قال: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، ثنا أَبُو مَعْمَرٍ، ثنا أَبُو أُسَامَةَ، ثنا مِسْعَرٌ، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ مَوْلًى لِأُمِّ سَلَمَةَ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ.

5)    Jalur Raqabah bin Mashqalah (w.129H):

Diriwayatkan oleh Abu Ya’laa Al-Farraa’ dalam kitabnya “Sittah Majalis” no.78:

قال: أَخْبَرَنَا أَبُو الْقَاسِمِ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ بْنِ حبابة قال: حدثنا مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ نَيْرُوزَ قال: حدثنا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ كَثِيرٍ قال: حدثنا مُحَمَّدُ بْنُ مُوسَى بْنِ أَعْيَنَ الحراني حدثنا إِبْرَاهِيمُ يَعْنِي ابْنَ يَزِيدَ بْنِ مِرْدَانبه عَنْ رَقَبَةَ، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ عَنْ مَوْلًى لأُمِّ سَلَمَةَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى الْغَدَاةَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَعَمَلا مُتَقَبَّلا.

6)    Jalur Sufyan Ats-Tsauriy (w.161H):

Diriwayatkan dalam beberapa versi:

Versi pertama: Dari Musa bin Abi ‘Aisyah, dari maula Ummi Salamah, dari Ummi Salamah.

Yang meriwayatkan versi ini ada beberapa orang sangat tsiqah:

1.      Wakii’ bin Al-Jarraah, Abu Sufyan Al-Kufiy (w.197H)[2]; Ia seroang yang tsiqah dan hafidz.

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam musnad-nya 44/140 no.26521:

قال: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ مَوْلًى لِأُمِّ سَلَمَةَ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ: فِي دُبُرِ الْفَجْرِ: «اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا»

2.      Abdurrahman bin Mahdiy, Abu Sa’id Al-Bashriy (w.196H)[3]; Ia seroang yang tsiqah dan imam.

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam musnad-nya 44/296 no.26700:

قال: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ مَوْلًى لِأُمِّ سَلَمَةَ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، قَالَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ، فِي حَدِيثِهِ: عَمَّنْ، سَمِعَ أُمَّ سَلَمَةَ، تُحَدِّثُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ فِي دُبُرِ الْفَجْرِ إِذَا صَلَّى: «اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا»

3.      Abu Nu’aim Al-Fadh bin Dukain Al-Kuufiy (w.218H)[4]; Ia seorang yang tsiqah tsabt.

Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya “Ad-Du’aa’” no.669:

قال: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، ثنا أَبُو نُعَيْمٍ، ثنا سُفْيَانُ، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ مَوْلًى لِأُمِّ سَلَمَةَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدْعُو فِي صَلَاةِ الصُّبْحِ: «اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَعَمَلًا صَالِحًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا»

Versi kedua: Dari Musa bin Abi ‘Aisyah, dari seorang laki-laki, dari Ummi Salamah.

Diriwayatkan oleh Abdurrazaaq Ash-Shan’aniy dalam kitabnya “Al-Mushannaf” 2/234 no.3191:

عَنِ الثَّوْرِيِّ، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ رَجُلٍ، سَمِعَ أُمَّ سَلَمَةَ، تَقُولُ: " كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ فِي دُبُرِ صَلَاةٍ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ رِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا، وَعِلْمًا نَافِعًا "

Versi ketiga: Dari Musa bin Abi ‘Aisyah, dari Abdillah bin Syaddaad, dari Ummi Salamah.

Diriwayatkan oleh Ad-Daraquthniy dalam kitabnya “Al-‘Ilal” 15/220:

قال: حدثنا الحسين بن إسماعيل المحاملي، قال: حدثنا أحمد بن إدريس المخرمي، قال: حدثنا شاذان، قال: حدثنا سفيان الثوري، عن موسى بن أبي عائشة، عن عبد الله بن شداد، عن أم سلمة، قالت: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إذا صلى الفجر لم يقم من مجلسه حتى يقول: " اللهم إني أسألك علما نافعا، وعملا متقبلا، ورزقا طيبا " ، يكررها ثلاث مرات

Ahmad bin Idriis, Abu Ja’far Al-Makhramiy; Biografinya disebutkan oleh Al-Khathiib dalam kitabnya “Taariikh Bagdad” tanpa menyebutkan pujian maupun celaan, kecuali riwayat di atas dan mengatakan: “Orang lain meriwayatkannya dari Sufyan, dari Musa, dari maula Ummi Salamah, dari Ummi Salamah”. [5/64]

Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-‘Asqalaniy menghukumi riwayat versi ini syadz (menyalahi riwayat yang lebih kuat yaitu versi pertama). [“Nataaij Al-Afkaar” 2/331]

Versi keempat: Dari Manshuur, dari Asy-Sya’biy, dari Ummi Salamah.

Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya “Al-Mu’jam Ash-Shagiir” 2/36 no.735:

قال: حَدَّثَنَا عَامِرُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ عَامِرٍ الْأَصْبَهَانِيُّ، حَدَّثَنَا أَبِي، عَنْ جَدِّي عَامِرِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ , عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ عَبْدِ السَّلَامِ، عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ بَعْدَ صَلَاةِ الْفَجْرِ: «اللَّهُمَّ , إِنِّي أَسْأَلُكَ رِزْقًا طَيِّبًا , وَعِلْمًا نَافِعًا , وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا»

Al-Haitsamiy rahimahullah mengatakan: Semua perawinya tsiqah. [Majma’ Az-Zawaid 10/111 no.16976]

An-Nu’maan bin Abdissalam At-Taimiy, Abu Al-Mundzir Al-Ashbahaniy (w.183H)[5]; Seorang yang tsiqah, mendalami fiqhi dari Sufyan Ats-Tsauriy.

Riwayat versi ini dianggap syadz oleh sebagian ulama, karena menyalahi riwayat yang lebih kuat (versi pertama).

Dan periwayatan Asy-Sya’biy dari Ummi Salamah diperselisikan; Ibnu Al-Madiniy mengatakan bahwa ia tidak pernah mendengar hadits dari Ummi Salamah. [Tahdziib At-Tahdziib karya Ibnu Hajar 5/68]

Syekh Albaniy rahimahullah menghukumi sanad ini “jayyid” (baik). [Tamam Al-Minnah hal.233]

Versi kelima: Dari Manshuur, dari Musa bin Abi ‘Aisyah, dari Safinah maula Ummi Salamah, dari Ummi Salamah.

Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya “Al-Mu’jam Al-Kabiir” 23/305 no.689:

قال: حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ الْفَرَجِ، ثنا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَمْرٍو، ثنا سُفْيَانُ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ سَفِينَةَ مَوْلًى لِأُمِّ سَلَمَةَ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ

Riwayat versi ini mungkar (sangat lemah) karena Isma’il bin ‘Amr Al-Bajaliy (w.227H)[6]; Periwayatan haditsnya lemah, dan menyalahi riwayat yang lebih kuat (versi pertama).

Derajat hadits:

Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah berkata:
رجال هذه الأسانيد رجال الصحيح إلا المبهم ، فإنه لم يسم ، ولأم سلمة موال وثقوا ، ... .
"Perawiy sanad-sanad ini adalah perawiy yang haditsnya shahih, kecuali yang mubham (maula Ummi Salamah) karena ia tidak disebutkan namanya. Dan Ummi Salamah punya beberapa “maula” (budak yang telah ia merdekakan) yang dihukumi tsiqah", ... .
وقد وجدت للحديث شاهدا من أجله قلت إنه حسن .
"Dan aku telah mendapatkan syahid (pendukung) bagi hadits ini yang oleh karenanya aku menghukumi bahwa hadits ini hasan."
Lihat: “Nataaij Al-Afkaar” karya Ibnu Hajar 2/331.

Syahid yang dimaksud oleh Ibnu Hajar adalah:

Hadits Abi Ad-Dardaa’;

Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya “Ad-Du’aa’” no.670:

قال: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْحَضْرَمِيُّ، ثنا أَبُو كُرَيْبٍ، ثنا أَبُو مُعَاوِيَةَ، وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ، قَالَا: ثنا مَالِكُ بْنُ مِغْوَلٍ، عَنِ الْحَكَمِ، عَنْ أَبِي عُمَرَ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَهُ

Al-Hafidz Ibnu Hajar berkata:
رجال هذا الإسناد أيضا رجال الصحيح إلا أبا عمر ، فإنه لا يعرف اسمه ولا حاله ، وقيل: اسمه نشيط الصيني ، وقد روى عنه جماعة ، فهو مستور .
Perawi sanad ini juga perawi yang haditsnya shahih, kecuali Abu Umar[7], karena sesungguhnya ia tidak diketahui namanya dan kondisinya. Ada yang mengatakan: Namanya adalah Nasyiith Ash-Shiniy. Dan telah meriwayatkan darinya beberapa orang, maka derajatnya adalah “mastuur” (tidak diketahui kondisinya). [Nataaij Al-Afkaar 2/332]

Dan dalam “At-Taqriib” beliau berkata: Ia “maqbuul” (periwayatannya diterima jika ada yang mendukung), dan periwayatannya dari Abi Ad-Dardaa’ mursal (terputus).

Wallahu a’lam!




[1] Lihat “Taqriib At-Tahdziib” karya Ibnu Hajar hal.737.
[2] Lihat biografi “Wakii’” dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal karya Al-Mizziy 30/462, Al-Kaasyif karya Adz-Dzahabiy 2/350, Taqriib At-Tahdziib hal.581.
[3] Lihat biografi “Abdurrahman bin Mahdiy” dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal 17/430, Al-Kaasyif 1/645, Taqriib At-Tahdziib hal.351.
[4] Lihat biografi “Abu Nu’aim” dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal 23/197, Al-Kaasyif 2/122, Taqriib At-Tahdziib hal.446.
[5] Lihat biografi " An-Nu’maan bin Abdissalam " dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal 29/451, Al-Kaasyif 2/323, Taqriib At-Tahdziib hal.564.
[6] Lihat biografi " Isma’il bin ‘Amr Al-Bajaliy " dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir karya Al-'Uqaily 1/86, Al-Jarh wa At-Ta'diil karya Ibnu Abi Hatim 2/190, Al-Kaamil karya Ibnu 'Adiy 1/523, Adh-Dhu'afaa' karya Ad-Daruquthniy 1/256, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 1/118, Miizaan Al-I'tidaal karya Adz-Dzahabiy 1/239, Lisaan Al-Miizaan karya Ibnu Hajar 2/155.
[7] Lihat biografi " Abu Umar Ash-Shiniy " dalam kitab: Al-Kunaa karya Al-Bukhariy hal.55, Al-Jarh wa At-Ta'diil 9/407, Tahdziib Al-Kamaal 34/110, Jami’ At-Tahshiil karya Al-‘Alaiy hal.314, Taqriib At-Tahdziib hal.660.

1 komentar:

  1. Tulisan ini sangat bermanfaat bagi penuntut dan pecinta Ilmu Hadits. Kita lebih dahulu tahu sebelum buka kitab-kitab Hadits. Tapi..., wajib dicek kembali di kitab-kitab rujukannya. Syukran katsiran.

    BalasHapus

Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...