Minggu, 22 Mei 2011

Doa-doa Nabi

بسم الله الرحمن الرحيم

  • Farwah bin Naufal berkata: Aku bertanya kepada Aisyah tetang do'a yang sering dibaca oleh Rasulullah, lalu ia menjawa: Rasulullah sering membaca ...
اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا عَمِلْتُ ، وَشَرِّ مَا لَمْ أَعْمَلْ
"Ya Allah .. Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku perbuat, dan kejahatan yang belum aku perbuat". [Sahih Muslim]
  • Ibnu Abbas berkata: Sesungguhnya Rasulullah sering membaca do'a ini ...
اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ ، وَبِكَ آمَنْتُ ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ ، وَبِكَ خَاصَمْتُ . اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوذُ بِعِزَّتِكَ - لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ - أَنْ تُضِلَّنِيْ ، أَنْتَ الْحَيُّ الَّذِيْ لاَ يَمُوتُ ، وَالْجِنُّ وَالإِنْسُ يَمُوتُونَ
"Ya Allah .. hanya kepada-Mu aku tunduk, dan hanya kepada-Mu aku percaya, dan hanya kepada-Mu aku berserah diri, dan hanya kepada-Mu kembali, dan hanya dengan-Mu aku berdebat. Ya Allah .. sesungguhnya aku berlindung dengan keagungan-Mu, tiada tuhan yang berhak disembah selain Engkau, janganlah Engkau membiarkanku sesat, Engkaulah yang Maha Hidup dan tidak mati, sedangkan jin dan manusia akan mati". [Sahih Muslim]
  • Abu Musa Al-Asy'ary berkata: Rasulullah sering berdo'a dengan do'a ini ...
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ خَطِيئَتِيْ وَجَهْلِيْ وَإِسْرَافِيْ فِيْ أَمْرِيْ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ جِدِّيْ وَهَزْلِيْ وَخَطَئِيْ وَعَمْدِيْ وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِيْ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ . أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ
"Ya Allah .. ampunilah dosa-dosaku, kebodohanku, urusanku yang berlebihan, dan apa yang Engkau lebih tahu dariku. Ya Allah .. ampunilah kesungguhanku, kelalaianku, kesalahanku, yang aku sengaja, dan semua itu aku lakukan. Ya Allah .. ampunilah apa yang aku dahulukan, apa yang aku belakangkan, apa yang aku sembunyikan, apa yang aku perlihatkan, dan apa yang Engkau lebih tahu dariku, Engkaulah yang berhak mendahulukan dan membelakangkan, dan Engkaulah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu." [Sahih Muslim]
  • Abu Hurairah berkata: Rasulullah sering membaca ...
اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لِيْ دِيْنِيْ الَّذِيْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِيْ ، وَأَصْلِحْ لِيْ دُنْيَايَ الَّتِى فِيهَا مَعَاشِيْ ، وَأَصْلِحْ لِيْ آخِرَتِيْ الَّتِيْ فِيهَا مَعَادِيْ ، وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِيْ فِيْ كُلِّ خَيْرٍ ، وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِيْ مِنْ كُلِّ شَرٍّ
"Ya Allah .. perbaikilah urusan agamakku yang menjaga semua urusanku, perbaikilah urusan duniaku yang merupakan tempat hidupku, dan perbaikilah urusan akhiratku yang merupakan tempat kembaliku, dan jadikanlah kehidupan ini tambahan untukku dalam setiap kebaikan, dan jadikanlah kematian itu sebagai akhir untukku dari segala keburukan." [Sahih Muslim]
  • Abdullah bin Mas'ud berkata: Rasulullah sering membaca ...
اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى
"Ya Allah .. sesungguhnya aku meminta kepada-Mu hidayah, ketakwaan, menjauhi yang haram, dan kekayaan hati". [Sahih Muslim]
  •  Zaid bin Arqam berkata: Rasulullah sering membaca ...
اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَالْهَرَمِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ . اللَّهُمَّ آتِ نَفْسِيْ تَقْوَاهَا وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَنْ زَكَّاهَا أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلاَهَا . اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَ يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَ تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَ يُسْتَجَابُ لَهَا
"Ya Allah .. sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, sifat pengecut, kikir, lemah di hari tua, dan siksaan kubur. Ya Allah .. berilah jiwaku ini ketakwaannya, dan sucikanlah ia, Engkaulah yang paling baik utuk mensucikannya, Engkaulah pengatur dan pemiliknya. Ya Allah .. sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu', jiwa yang tidak puas, dan do'a yang tidak terkabulkan." [Sahih Muslim]
  •  Ali bin Ali Thalib berkata: Rasulullah menyuruhku membaca do'a ini ...
اللَّهُمَّ اهْدِنِيْ وَسَدِّدْنِيْ
"Ya Allah .. berilah aku hidayah dan taufiq (mendapatkan yang diinginkan)." [Sahih Muslim]
  • Thariq bin Asyam berkata: Rasulullah didatangi seseorang dan bertanya: Ya Rasulullah .. apa yang aku ucapkan ketika meminta kepada Tuhanku? Rasulullah menjawab: Ucapkanlah ...
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَعَافِنِيْ وَارْزُقْنِيْ
"Ya Allah .. ampunilah aku, rahmatilah aku, selamatkanlah aku, dan berilah aku rezki".
Rasulullah mengucapkan do'a itu dengan mengepalkan tangannya kecuali ibu jari dan berkata: Sesungguhnya doa itu mencakup untukmu urusan dunia dan akhiratmu. [Sahih Muslim]
  • Ammar bin Yasir berkata: Rasulullah sering membaca do'a ini ...
اللَّهُمَّ بِعِلْمِكَ الْغَيْبَ، وَقُدْرَتِكَ عَلَى الْخَلْقِ، أَحْيِنِي مَا عَلِمْتَ الْحَيَاةَ خَيْرًا لِي، وَتَوَفَّنِي إِذَا كَانَتِ الْوَفَاةُ خَيْرًا لِي، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَشْيَتَكَ فِي الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ، وَكَلِمَةَ الْعَدْلِ وَالْحَقِّ فِي الْغَضَبِ وَالرِّضَا، وَأَسْأَلُكَ الْقَصْدَ فِي الْفَقْرِ وَالْغِنَى، وَأَسْأَلُكَ نَعِيمًا لَا يَبِيدُ، وَقُرَّةَ عَيْنٍ لَا تَنْقَطِعُ، وَأَسْأَلُكَ الرِّضَا بَعْدَ الْقَضَاءِ، وَأَسْأَلُكَ بَرْدَ الْعَيْشِ بَعْدَ الْمَوْتِ، وَأَسْأَلُكَ لَذَّةَ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ، وَأَسْأَلُكَ الشَّوْقَ إِلَى لِقَائِكَ، فِي غَيْرِ ضَرَّاءَ مُضِرَّةٍ، وَلَا فِتْنَةٍ مُضِلَّةٍ، اللَّهُمَّ زَيِّنَّا بِزِينَةِ الْإِيمَانِ، وَاجْعَلْنَا هُدَاةً مُهْتَدِين
"Ya Allah .. dengan ilmu-Mu tentang hal gaib, dan kekuasaan-Mu akan semua makhluk, berilah aku kehidupan jika Engkau tahu kehidupan ini baik bagiku, dan matikanlah aku jika Engkau tahu kematian itu baik bagiku. Ya Allah .. sesungguhnya aku meminta kepada-Mu rasa takut kepada-Mu di saat sendiri dan ramai, dan berilah aku ucapan yang adil dan benar di saat marah dan senang, dan aku meminta kepada-Mu kesederhanaan di waktu miskin dan kaya, dan aku meminta kepada-Mu nikmat yang tidak punah, dan kesenangan yang tidak putus, dan aku meminta kepada-Mu kerelaan atas semua takdir, dan aku meminta kepada-Mu kehidupan yang baik setelah mati, dan aku meminta kepada-Mu nikmatnya menatap wajah-Mu, dan aku meminta kepada-Mu kerinduan bertemu dengan-Mu tampa ada kesulitan yang membahayakan, dan tampa ada cobaan yang menyesatkan. Ya Allah .. hiasilah kami dengan perhiasan Iman, dan jadikanlah kami pemberi hidayah seperti orang-orang yang telah mendapat hidayah." [Sahih Ibnu Hibban]
  • Ibnu Imran atau Ibnu Umar berkata: Jarang sekali Rasulullah berdiri dari suatu majlis kecuali membaca do'a ini untuk sahabatnya ...
اللهم اقْسِمْ لَناَ مِنْ خَشْيَتِكَ ماَ يَحُوْلُ بَيْنَناَ وَبَيْنَ مَعَاصِيْكَ ، وَمِنْ طاَعَتِكَ مَا تُبَلِّغُنَا بِهِ جَنَّتَكَ ، وَمِنَ الْيَقِيْنِ مَا تُهَوِّنُ بِهِ عَلَيْنَا مُصِيْبَاتِ الدُّنْيَا ، وَمَتِّعْناَ بِأَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُوَّتِنَا مَا أَحْيَيْتَنَا ، وَاجْعَلْهُ الْوَارِثَ مِنَّا ، وَاجْعَلْ ثَأْرَنَا عَلَى مَنْ ظَلَمَنَا ، وَانْصُرْنَا عَلَى مَنْ عَادَانَا ، وَلاَ تَجْعَلْ مُصِيْبَتَنَا فِيْ دِيْنِنَا ، وَلاَ تَجْعَلْ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا ، وَلاَ مَبْلَغَ عِلْمِنَا ، وَلاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا
"Ya Allah .. berilah kami rasa takut kepada-Mu yang menghalangi kami melakukan maksiat terhadap-Mu, dan berilah kami ketaatan kepada-Mu yang menyampaikan kami ke surga-Mu, dan berilah kami keyakinan yang meringankan kami menerima segala musibah duniawi. Ya Allah .. berilah kami kenikmatan dengan pendengaran kami, penglihatan kami, dan kekuatan kami selama Engkau menghidupkan kami, dan jadikanlah itu pada keturunan kami, dan jadikanlah marah kami kepada orang-orang yang mendzalimi kami, dan tolonglah kami menghadapi orang-orang yang memusuhi kami, dan janganlah Engkau jadikan musibah kami pada agama kami, dan janganlah jadikan dunia ini harapan terbesar kami, dan bukan pula batas ilmu kami, dan janganlah Engkau jadikan penguasa kami dari orang-orang yang tidak mengasihi kami." [Sunan Tirmizi: Hasan]
  • Dari Aisyah; Rasulullah mengajarkan do'a ini kepadanya ...
اللهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ، مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الشَّرِّ كُلِّهِ، عَاجِلِهِ وَآَجِلِهِ مَا عَلِمْتُ مِنْهُ، وَمَا لَمْ أَعْلَمْ . اللهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا عَاذَ مِنْهُ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ . اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ النَّارِ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ، وَأَسْأَلُكَ أَنْ تَجْعَلَ كُلَّ قَضَاءٍ تَقْضِيهِ لِي خَيْرًا
"Ya Allah .. sesungguhnya aku meminta kepada-Mu seluruh kebaikan sekarang ini dan yang akan datang, yang aku ketahui dan yang tidak aku ketahui, dan aku berlindung kepada-Mu dari seluruh keburukan sekarang ini dan yang akan datang, yang aku ketahui dan yang tidak aku ketahui. Ya Allah .. sesungguhnya aku meminta kepada-Mu kebaikan yang diminta hamba-Mu dan nabi-Mu Muhammad sallallahu 'alaihi wasallam, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang dijauhkan dari hamba-Mu dan nabi-Mu Muhammad sallallahu 'alaihi wasallam. Ya Allah .. aku meminta kepada-Mu surga dan apa yang bisa mendekatkanku kepadanya dari perkataan dan perbuatan, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan apa yang bisa mendekatkanku kepadanya dari perkataan dan perbuatan, dan aku meminta kepadamu agar Engkau jadikan semua takdir yang Engkau tetapkan adalah baik untukku. [Musnad Ahmad: Sahih]
  • Ibnu Abbas berkata: Rasulullah mengajarkan kepada para sahabat do'a ini seperti beliau mengajarkan kepada mereka surah Al-Qur'an, beliau berkata: Bacalah ...
اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ
"Ya Allah .. kami berlindung kepada-Mu dari siksaan neraka, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksaan kubur, dan aku berlindung kepada-Mu dari cobaan Dajjal, dan aku berlindung kepada-Mu dari cobaan hidup dan mati. [Sahih Muslim]
  • Aisyah berkata: Rasulullah sering membaca do'a ini dalam shalat ...
اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ . اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ
"Ya Allah .. kami berlindung kepada-Mu dari siksaan kubur, dan aku berlindung kepada-Mu dari cobaan Dajjal, dan aku berlindung kepada-Mu dari cobaan hidup dan mati. Ya Allah .. aku berlindung kepada-Mu dari dosa dan utang."
Lalu seseorang bertanya heran: Engkau sangat sering minta perlindungan dari utang, Ya Rasulullah! Rasulullah menjawab: Sesungguhnya seseorang itu jika berutang akan berbicara lalu berbohong dan berjanji lalu mengingkari. [Sahih Muslim]
  • Abu Bakr bertanya kepada Rasulullah: Ajarkan aku do'a yang aku baca dalam shalatku. Rasulullah menjawab: Katakan ...
اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا ، وَلَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ ، فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ ، وَارْحَمْنِي إِنَّك أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ
"Ya Allah .. sesungguhnya aku telah mendzalimi diriku dengan kedzaliman yang banyak, dan tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau, maka ampunilah aku dengan ampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku, sesungguhnya Engkaulah yang maha Pengampun dan Pengasih." [Sahih Bukhari dan Muslim]

  • Ibnu Abbas berkata: Rasulullah sering mengucapkan do'a ini ...

رَبِّ أَعِنِّيْ وَلاَ تُعِنْ عَلَىَّ وَانْصُرْنِيْ وَلاَ تَنْصُرْ عَلَيَّ وَامْكُرْ لِيْ وَلاَ تَمْكُرْ عَلَىَّ وَاهْدِنِيْ وَيَسِّرْ هُدَايَ إِلَىَّ وَانْصُرْنِيْ عَلَى مَنْ بَغَى عَلَيَّ . اللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ لَكَ شَاكِرًا لَكَ ذَاكِرًا لَكَ رَاهِبًا لَكَ مِطْوَاعًا إِلَيْكَ مُخْبِتًا أَوَّاهًا مُنِيبًا . رَبِّ تَقَبَّلْ تَوْبَتِيْ وَاغْسِلْ حَوْبَتِيْ وَأَجِبْ دَعْوَتِيْ وَثَبِّتْ حُجَّتِيْ وَاهْدِ قَلْبِيْ وَسَدِّدْ لِسَانِيْ وَاسْلُلْ سَخِيمَةَ قَلْبِيْ
"Ya Tuhan-ku .. bantulah aku dan jangan bantu musuhku, berilah aku kemenangan dan jangan beri kemenangan bagi lawanku, hinakanlah musuhku dan jangan hinakan aku, berilah aku hidayah dan mudahkan aku menerima hidayah, dan bantulah aku melawan orang-orang yang mendzalimi aku. Ya Allah .. jadikanlah aku bersyukur pada-Mu, mengingat pada-Mu, takut pada-Mu, taat kepada-Mu, tunduk, mengharap dan kembali pada-Mu. Ya Tuhan-ku .. terimalah taubatku, cucilah dosa-dosaku, kabulkanlah do'aku, kuatkanlah argumenku, tunjukilah hatiku, tepatkanlah ucapanku, cabutlah kedengkian hatiku." [Sunan Abi Daud: Sahih]


Lihat juga: Do'a-do'a Nabi II
                      Do'a dalam Al-Qur'an
                      Mari Berdo'a
                      Adab Berdo'a
                      Waktu Mustajab
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...